Selasa, 28 Agustus 2012

ICW Menduga 84 Hakim Tipikor Bermasalah

Sejumlah hakim adhoc masih memiliki hubungan erat dengan parpol.

Selasa, 28 Agustus 2012, 19:36 Mutia Nugraheni, Oscar Ferri
Gedung Komisi Yudisial
Gedung Komisi Yudisial (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAnews - Indonesia Corruption Watch (ICW) menemukan setidaknya 84 hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang diduga bermasalah. Temuan ICW dalam beberapa bulan terakhir, hakim-hakim itu berdinas di 14 Pengadilan Tipikor tingkat provinsi.


Wakil Koordinator ICW, Emerson Juntho mengatakan, hakim-hakim yang diduga bermasalah umumnya menyangkut aspek administratif, integritas, dan kualitas. Hal tersebut diungkapkannya usai melaporkan temuan tersebut ke Komisi Yudisial, Jakarta, Selasa 28 Agustus 2012.

"Kami sudah melakukan tracking terhadap hakim tipikor. Ini kerja sama dengan mitra daerah," kata Emerson.

Menurutnya, ada beberapa persoalan mengapa para hakim bermasalah. Pertama, menyangkut administratif, mayoritas para hakim ternyata belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN). Tak terkecuali hakim adhoc.

Bahkan, menurut Emerson, ada sejumlah hakim adhoc masih memiliki hubungan erat dengan partai politik. "Ditemukan juga ketidakjujuran, khususnya hakim adhoc ketika menyampaikan data kepada MA,” ujarnya.

Kemudian dilihat dari aspek integritas, beberapa hakim Tipikor juga diduga melanggar kode etik hakim. Bahkan, tak sedikit yang pernah dilaporkan ke Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA).

Potensi mafia peradilan

Mereka yang pernah dilaporkan ke KY dan MA, menurut Emerson, ada yang sudah didemosi ke daerah terpencil. Ada hakim yang masih membuka praktik kepengacaraan dan ada hakim karier yang bertemu pihak berperkara atau pengacara, atau ada hakim karir yang masih menangani perkara nonkorupsi.

Hal-hal itu membuka potensi kemungkinan adanya indikasi mafia peradilan yang menggurita masuk ke Pengadilan Tipikor daerah. "Itu bikin hakim masih bisa menemui pengacara, kongkalikong untuk membebaskan korupsi atau menjatuhkan vonis ringan," kata Emerson.

Ia menjelaskan, aspek kualitas juga menunjukkan hal yang sama. Dari sisi ini ditemukan adanya ketidakcermatan para hakim dalam mempelajari perkara.

"Hakim tidak berkualitas gampang dilihat. Hakim tidak berintegritas dilihat saja putusannya, pasti tidak wajar," kata dia.

Adapun, 84 hakim Tipikor itu berasal dari 14 PN Tipikor. Yakni Pengadilan Tipikor Jambi, Bengkulu, Semarang, Manado, Padang, Mataram, Kendari, Surabaya, Serang, Medan, Makasar, Yogyakarta.

Tanggapan Komisi Yudisial


Juru bicara KY, Asep Rahmat Fajar, mengatakan sudah menerima laporan tersebut dari ICW. Menurutnya, tracking ICW itu sejalan dengan yang sedang dilakukan KY.

Tracking ini akan menambah informasi apa yang dibutuhkan KY," kata Asep.

Ia menjelaskan, aspek integritas hakim memang merupakan ranah KY. Apalagi pelanggaran kode etik berada di situ.

Sementara aspek kualitas menyangkut pemahaman hakim terhadap materi hukum dan tata-cara persidangan juga akan ditindaklanjuti dengan memberikan pelatihan hukum. Lalu dari sisi administrasi, para hakim itu akan ditindaklanjuti ke MA.

"Hakim karier yang masih memegang perkara nonkorupsi dari segi administrasi, nanti akan kita komunikasikan kepada MA," katanya. (umi)


© VIVA.co.id

Bahan Peledak Bandung Berdaya Ledak Besar

Polisi masih meneliti kaitan temuan TNT dan beberapa bahan peledak.

Selasa, 28 Agustus 2012, 19:07 Ismoko Widjaya, Riefki Farandika Pratama (Bandung)
Polisi masih meneliti kaitan temuan TNT dan beberapa bahan peledak.
Polisi masih meneliti kaitan temuan TNT dan beberapa bahan peledak. (VIVAnews/Adri Irianto)
VIVAnews - Bahan peledak yang ditemukan di kota Bandung, Jawa Barat, diduga kuat memiliki daya ledak besar. Polisi masih meneliti bahan peledak yang ditemukan di bak sampah rumah warga di Jalan Natuna 87 (sebelumnya Jl Sunda), dini hari tadi.


"Jika dilihat dari fisik bahan peledak dan TNT yang ditemukan, dimungkinkan pelaku akan membuat bom rakitan berdaya ledak besar," kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Polisi Wijonarko, Selasa 28 Agustus 2012.

Polisi masih meneliti kaitan temuan TNT dan beberapa bahan peledak yang ditemukan ini. Hingga kini polisi masih memeriksa lima saksi. Wijonarko mengaku baru menangani kasus penemuan TNT dan detonator. Karena penemuan jenis bahan peledak di Bandung biasanya hanya granat tangan saja.

"Entah sudah pernah ada penemuan serupa atau belum, yang pasti pas saya menjabat di Bandung baru menemukan adanya kasus penemuan TNT," terang Wijonarko.

Penemuan sejumlah peluru ringan dan tajam, serta detonator, TNT, granat tangan beserta lilitan kabel menggemparkan warga kota Bandung hari ini. Sekitar pukul 02.45 wib salah seorang pemulung bernama Asep Supriyadi (21) menemukan bahan peledak di dalam kantong kresek berwarna hitam.

Penemuan bahan peledak ini diduga berkaitan dengan kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada rangkaian puncak Hari Kebangkitan Nasional di Gedung Merdeka Bandung, Kamis 30 Agustus, mendatang.

Namun saat dikonfirmasi Kepala Penerangan Kodam III Siliwangi Kolonel Benny mengatakan, informasi kedatangan Presiden ke Bandung belum bisa dipastikan.
"Belum ada kepastian resmi. Memang ada informasi demikian. Namun belum kami terima secara resmi, jika memang ada kami akan lakukan persiapan pengamanannya," terang kata Benny.


© VIVA.co.id

Bangun MRT, Bandung Terobsesi Kalahkan DKI

"Mudah-mudahan Bandung mendahului Jakarta dan mohon maaf,"

Selasa, 28 Agustus 2012, 19:09 Syahid Latif, R. Jihad Akbar
Gedung Sate Bandung
Gedung Sate Bandung

VIVAnews - Seperti halnya Jakarta, lalu lintas di Bandung Jawa Barat kerap kali macet. Itu sebabnya Pemerintah Daerah Bandung berencana membangun Mass Rapid Transit (MRT). Sebentar lagi proses pembangunan MRT itu dimulai. Bahkan bisa mendahului Jakarta yang sudah lama merencanakannya.

Walikota Bandung, Dada Rosada, mengatakan bahwa pemerintah daerah setempat berambisi mempercepat proses pengarapan proyek itu. "Mudah-mudahan Bandung mendahului Jakarta dan mohon maaf," ujar Dada di Jakarta, Selasa 28 Agustus 2012.

Sebagai ibukota provinsi, menurut Dada, Bandung harus memiliki tata ruang yang baik. Daerah ini merupakan pintu birokrasi untuk Provinsi Jawa Barat.
Pembangunan MRT dianggap sebagai salah satu solusi yang bisa menyelesaikan permasalahan transportasi yang di kota yang cukup padat tersebut.

Pemda Bandung sendiri optimistis proyek MRT tersebut dapat terealisasi. Keyakinan itu didasarkan pada konsep MRT yang menyediakan berbagai moda transportasi masal yang mampu mengakomodir kebutuhan transportasi masyarakat setempat.

Rencananya, MRT tersebut akan diwujudkan dalam bentuk bis massal, monorail dan kereta gantung. "Bisa menampung 600 penumpang. Kan lumayan. Daripada angkutan yang banyak tapi hanya muat 7-8 penumpang,"katanya.

Pembangunan MRT di wilayah Bandung ini juga diharapkan bisa menekan penggunaan kendaraan pribadi masyarakat. Dengan demikian, situasi dan kondisi kota Bandung diharapkan menjadi lebih kondusif.

Sebelumnya, Presiden Direktur Panghegar Grup, Cecep Rukmana mengatakan bahwa pada tahap awal, pihaknya selaku kontraktor telah menandatangani komitmen kerja sama dengan investor asal China yaitu China National Machinery (CMC) guna mengarap persiapan studi kelayakan atau pra feasibility studies (FS) proyek tersebut.

"Jadi, proyek pembangunan MRT ini dengan pola KPS (kerja sama pemerintah dan swasta), di situ ada tahapan persiapan. Sekarang ini tahap persiapan dan mau proyek pra FS," ujarnya.

Proyek tersebut, kata Cecep, akan menelan biaya sekitar Rp4 triliun. MRT ini, nantinya akan menyambungkan seluruh Kota Bandung mulai dari pusat kota yaitu Dago menuju kabupaten Bandung, Soreang sampai ke kota Cimahi.


© VIVA.co.id

Kisah Baret Hijau John Kei

Di baret itu tertempel lima bintang dan tulisan bordir JK.

Selasa, 28 Agustus 2012, 14:02 Arry Anggadha, Oscar Ferri
Sidang perdana John Kei
Sidang perdana John Kei (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - John Refra alias John Kei menghadiri sidang perdananya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa 28 Agustus 2012. Kedatangannya pun dikawal ketat petugas polisi. Tapi dia terlihat tenang memasuki pelataran depan PN Jakarta Pusat hingga masuk ke ruang sidang.

Dia lebih memilih diam dengan sesekali tersenyum. Gayanya pun terlihat lebih santai. Mengenakan celana jeans, sepatu kets, kemeja putih lengan panjang, kaca mata hitam, dan topi baret hijau sebagai penutup kepalanya.

Baret hijau menjadi salah satu yang menarik dari atribut yang ia pakai selain kaca mata hitam. Di baret itu tertempel lima bintang dan tulisan bordir JK. Apa arti JK, mungkin itu kepanjangan dari namanya: John Kei.

Dan apa maksud lima bintang di baret yang kerap digunakan juga oleh Pahlawan Revolusi asal Argentina Che Guevara semasa perjuangannya itu juga tidak ada yang mengetahui.

John Kei sendiri seusai sidang mendapat pengawalan yang tak kalah ketatnya sewaktu sebelum sidang. Dia lagi-lagi berjalan santai meninggalkan ruang sidang. Bahkan, ia sempat menaikkan kakinya dan menunjukkan luka bekas tembakan sewaktu dia diciduk polisi di Hotel C'One, Pulomas, Jakarta Timur beberapa bulan lalu.

John sembari berjalan juga sempat melontarkan senyuman dan lambaian tangan kepada awak media. Dia hanya berujar sedikit mengenai sidang perdananya ini. "Saya tidak bersalah. Saya bebas. Titik," kata kakak dari Tito Kei yang juga jadi kuasa hukumnya dalam kasus ini.

Kuasa hukum John Kei, Taufik Candra dan Tito Kei ketika dihubungi VIVAnews menolak mengomentari itu. Kata mereka lebih baik arti bintang 5 dan tulisan JK di baret hijau yang dikenakan John Kei itu ditanyakan langsung kepada yang bersangkutan.

"Itu bukan ranah saya. Saya tidak mau komentar. Tanya ke orangnya langsungnya. Saya cuma mau jawab bidang hukumnya saja," Taufik. "Wah kalo itu saya no komen. Tanya langsung saja ke beliau," kata Tito.

Beberapa fakta dipaparkan JPU dalam sidang kali ini. Salah satunya adalah tentang kronologis pertemuan terakhir antara John Kei dengan bos PT Sanex Steel Indonesia, Tan Harry Tantono alias Ayung di Swiss Bell Hotel, Mangga Besar, Jakarta Pusat. Di mana lokasi tersebut merupakan lokasi yang dipilih oleh John Kei sebelumnya.

Kemudian setelah pertemuan dilakukan korban Ayung ditemukan tewas dengan sejumlah luka tusuk di bagian dada, leher, dan luka irisan pada leher yang menyebabkan batang tenggorokan korban terputus.

Atas dasar adanya fakta pembunuhan di lapangan, dan adanya fakta bahwa sebelum pembunuhan dilakukan, terdakwa telah terlebih dahulu mengancam akan membunuh, JPU menyatakan terdakwa pertama John Kei, terdakwa dua Joseph Hungan, terdakwa tiga Muklis, telah terbukti bersama-sama melakukan dengan sengaja terlebih dahulu merampas nyawa orang lain.

Karena itu JPU mendakwa John Refra alias John Kei dan dua terdakwa lain dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana juncto Pasal 338 KHUP tentang Pembunuhan dengan ancaman paling berat hukuman mati dan hukuman paling ringan 20 tahun penjara.


© VIVA.co.id

Dilarang Berpolitik, Ini Kata Sultan HB X

Poin larangan berpolitik ini disepakati seluruh partai di DPR.

Selasa, 28 Agustus 2012, 13:37 Ita Lismawati F. Malau, Nila Chrisna Yulika, Erick Tanjung (Yogyakarta)
Sri Sultan Hamengku Buwono X
Sri Sultan Hamengku Buwono X (Antara/ Regina Safri)
VIVAnews - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan akan patuh pada Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta. Salah satu isi rancangan undang-undang yang akan disahkan Kamis 30 Agustus mendatang itu adalah larangan bagi Sri Sultan Hamengku Buwono selaku Gubernur DIY untuk terlibat dalam kegiatan politik.


"Ra opo-opo (tidak apa-apa). Itu kan sudah dimuat dalam undang-undang, jadi mesti harus dipatuhi," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur DIY saat ditemui di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa, 28 Agustus 2012.

Ia menuturkan, sejak awal saat proses RUU Keistimewaan telah diketahui bahwa Gubernur DIY dilarang menjadi kader partai politik. Meski demikian, Sultan mengaku tidak mempersoalkan poin krusial tersebut.

"Sejak awal kan sudah diketahui bahwa parpol-parpol mengajukan syarat itu dalam proses RUUK," ujar Sultan.

Poin larangan bagi Sultan Hamengku Buwono selaku Gubernur DIY ini telah disepakati seluruh partai di DPR, temasuk Golkar yang selama ini menaungi Sultan Hamengku Buwono X. Hingga saat ini, Sultan masih tercatat sebagai kader partai beringin tersebut.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Anis Matta menilai poin tersebut adil. Pasalnya, dengan status Kesultanan yang istimewa itu, kata Anis, maka sah jika Sultan dilarang berpolitik.

Menurut Anis, hak itu adalah sebuah kompensasi bagi Sultan jika ingin mempertahankan ksistimewaannya. "Kan ada masing-masing kompensasinya dong, anda dapat ini harus ke luar dari sini. Saya kira itu hal yang biasa," kata dia. (umi)


© VIVA.co.id

Al-Aqsa, Darah, dan Doa

Tanah tiga agama dari satu Tuhan. Kiblat pertama bagi muslim.
Jum'at, 24 Agustus 2012, 22:31 WIB
Zaky Al-Yamani
Masjid Al-Aqsa Saat Dibakar Tahun 1969 (http://presstv.com)


VIVAnews— Kegusaran ini kerap berulang setiap 21 Agustus: tragedi pembakaran Masjid Al-Aqsa. Seperti juga para penduduk Palestina, Presiden Mahmoud Abbas cemas jika tragedi 43 tahun lalu itu kembali terjadi. Pada peringatan tahun ini, persis tiga hari setelah Idul Fitri 1433 H lalu, Mahmoud mengingatkan kembali bahwa Al-Aqsa, tempat suci ketiga umat Islam itu, selalu terancam di bawah Israel.

“Serangan seorang penjahat fanatik itu dulu terjadi di depan hidung penguasa Israel,” ujar Mahmoud, seperti dilansir Palestinian News Network, 21 Agustus 2012. Peristiwa dulu itu, kata Mahmoud, adalah rangkaian aksi yang terus berlanjut. Tujuan utama Israel, kata Mahmoud, adalah “Merampas tempat suci umat Islam dan Kristen, menghancurkan Al-Aqsa, dan membangun kuil Yahudi yang mereka klaim.”

Trauma itu rupanya masih kental. Pada 43 tahun silam, Michael Dennis Rohan, masuk ke Masjid Al-Aqsa. Dia lalu mengguyur minyak ke mimbar. Api disulut, dan papan berusia 800 tahun di mimbar itu pun hangus. Termasuk gosong mimbar yang dibuat oleh tokoh Islam legendaris masa Perang Salib, Salahuddin al-Ayubi, atau Saladin si penakluk Konstantinopel, yang merebut kembali Yerusalem pada abad ke 12.

Rohan adalah seorang anggota sekte Kristen fundamentalis yang tinggal di kibbutz warga Israel. Alasannya membakar Al-Aqsa, seperti diakuinya di depan pengadilan Israel, adalah untuk memperkuat kebangkitan kembali Isa al Masih (Yesus), dan membantu Yahudi membangun kembali kuil di tempat masjid itu. Dia diduga sakit jiwa.

Pembakaran Al-Aqsa memantik reaksi serius dari dunia Islam waktu itu. Raja Arab Saudi, Faisal I, menggelar pertemuan negara Islam di Rabat, yang kemudian menjadi cikal bakal Organisasi Konferensi Islam (OKI) pada 1972.

Al-Aqsa, dan juga tanah Yerusalem tempatnya berdiri, adalah saksi sejarah dari tiga agama penerus Nabi Ibrahim: Yahudi, Kristen dan Islam. Mahmoud patut gusar, mengingat kota itu menjadi inti identitas warga Palestina, dan dianggap ibukota abadi dari negara Palestina. “Tak ada perdamaian, dan keamanan, kecuali rezim pendudukan Israel hengkang dari Yerusalem,” ujar Mahmoud.

Kaum Yahudi percaya di Yerusalem lah pernah berdiri bangunan suci, Bait (rumah) Tuhan pertama (Kuil Sulaiman), dan Bait Tuhan kedua. Tapi kedua bangunan suci itu hancur akibat perang. Bait Tuhan pertama itu rusak diserang tentara Babilonia pada 100 SM. Yang tersisa hanya tembok barat, kini kerap disebut Tembok Ratapan. Meski Bait Tuhan musnah, bangsa Yahudi percaya kesuciannya masih tertinggal. Mereka pun terus berupaya membangun kembali Bait Tuhan ketiga di Yerusalem.

Bagi Kristen, Yerusalem adalah juga kota penting. Dia adalah tempat Yesus sang Penyelamat lahir. Di Yerusalem pula sang Nabi itu hidup, dan wafat saat disalib. Kitab suci Kristen menyebutkan sang al-Masih itu akan bangkit di Yerusalem.

Sementara bagi Islam, Masjid Al-Aqsa di Yerusalem adalah tempat suci ketiga setelah Mekkah, dan Madinah. Dia disebut juga Baitul Maqdis, dan menjadi kiblat pertama umat Islam setelah Nabi Muhammad SAW (570 M-632 M) melakukan perjalanan Isra Mi'raj, dan menerima perintah salat dari Allah. Selama 17 bulan, kaum muslim salat menghadapkan wajah mereka ke Al-Aqsa, Yerusalem, sebelum turun wahyu menjadikan Ka'bah di Mekkah sebagai kiblat baru.

Menjadi poros penting bagi tiga agama pewaris Nabi Ibrahim itu, kisah Al-Aqsa pun tak lepas dari sengketa ribuan tahun di tanah Yerusalem.

Dari dinasti ke dinasti

Masjid Al-Aqsa dibangun pada masa awal Dinasti Umayyah berkuasa di Palestina. Begitu kira-kira menurut sejarawan arsitek KAC Creswell. Dia mengutip kesaksian seorang pendeta Galia, Arculf, yang berziarah ke Palestina pada 679-682 M. Arculf sebetulnya melawat ke tanah itu saat Muawiyah I berkuasa. Seperti disebut oleh sarjana Islam di masa itu, al Mutahhar bin Tahir, kemungkinan Muawiyah lah yang memerintahkan pembangunan itu, dan bukan Umar.

Konstruksi awal al-Aqsa adalah bangunan segi empat sederhana. Tempat itu awalnya dapat memuat 3.000 jamaah, dan bangunannya meliputi Bukit Kuil atau disebut juga Al Haram al-Syarif. Menurut sejumlah sarjana Islam di masa itu, seperti Mujir ad-Din, al-Suyuti, dan al-Muqaddasi, masjid itu dibangun kembali oleh khalifah Abdul Malik pada 690 M.

Rencana Abdul Malik sangat sederhana. Simon S Montefiore, sejarawan Inggris penulis buku “Jerusalem: The Biography (2011)”, mencatatnya begini: “Sebuah kubah berdiameter 65 kaki ditopang sebuah drum, semua bertumpu pada dinding bersegi delapan. Keindahan, dan kesederhanaan kubah itu sepadan dengan misterinya”.

Menurut Simon, bahkan itu sebetulnya bukan sebuah masjid, tapi sebuah tempat suci. “Bentuk oktagonalnya mirip wisma martir Kristen, bahkan kubahnya mengingatkan orang pada Kuburan Suci dan Hagia Sophia di Konstantinopel, namun jalan melingkarnya dirancang untuk thawaf, mengingatkan orang pada Ka'bah di Mekkah,” demikian tulis Simon.

Al-Aqsa lalu diselesaikan pembangunannya oleh penerus Abdul Malik, Khalifah al Walid I. Pada 713-14 M, Yerusalem diguncang gempa. Bagian timur Masjid Al-Aqsa rusak, dan dibangun kembali pada masa al-Walid. Dinasti Umayyah membangun masjid itu sehingga berukuran 112 kali 39 meter.

Pada 746, Al-Aqsa kembali rusak oleh gempa, empat tahun sebelum as-Saffah menggulingkan Umayyah, dan membangun dinasti Abassiyah. Khalifah kedua dari dinasti baru itu, Abu Jaffar al-Mansur, berniat memperbaiki Al-Aqsa pada 753 M, dan dia menyelesaikannya pada 771. Tapi tiga tahun kemudian, gempa kedua merontokkan seluruh perbaikan al-Mansur. Bagian selatan masjid itu lalu rampung digarap al-Mansur pada 774.

Dua abad kemudian, gempa kembali melanda Al-Aqsa, dan masjid itu rusak berat. Kalifah dari dinasti Fatimiyah, Ali az-Zahir membangun kembali masjid itu antara 1034 dan 1036. Az-Zahir membangun empat arkade di bangunan tengah dan lorong, yang kini menjadi bangunan dasar masjid itu. Lorong tengah dibuat lebih jembar dari dua lorong lainnya, tempat kubah dari kayu dibangun.

Darah dan doa

Menyandang status kota suci bagi Yahudi, Kristen dan Islam, Yerusalem tak berhenti diterpa konflik. Dia adalah kota, tempat agama-agama merapal doa, sekaligus menumpahkan darah.

Yang paling kelam bagi Yerusalem adalah Perang Salib pada 1099. Perang itu meledak ketika Paus Urbanus II berseru agar mempertahankan Kekaisaran Byzantium, dan merebut Yerusalem yang kala itu dikuasai oleh Dinasti Seljuk. Dinasti itu menguasai Yerusalem setelah merebutnya dari dinasti Fatimiyah yang berpusat di Mesir pada 1078. Umat Kristen menganggap tak lagi bebas beribadah sejak Dinasti Seljuk menguasai Baitul Maqdis. Yerusalem jatuh ke Tentara Salib pada 1099.

Kekejaman Perang Salib diungkapkan Raymond d'Aguiliers, Imam dari Raymond de Saint-Gilles. Seorang pangeran Tolouse bersaksi, usai penaklukan itu, mayat bertumpuk di jalan-jalan kota Yerusalem. Warga Yahudi dan Islam dibantai. Kerap digambarkan, mungkin agak berlebihan, bahwa “bau mayat masih tercium hingga enam bulan setelah kota itu direbut”. Kota itu lalu menjadi milik Kristen. Sementara Yahudi dan Muslim terdesak ke pinggir, dan dilarang memasuki kota.

Pada 1187, situasi berubah. Salahudin Al Ayyubi merebut dan menguasai Yerusalem. Di bawah Salahudin, hubungan Muslim, Yahudi dan Kristen berjalan baik. Yahudi dan Kristen boleh memasuki kota, dan menjalankan ibadah. Upaya menaklukan kota itu terus terjadi sampai 1243 oleh Tentara Salib. Sejak saat itu, Yerusalem menjadi pusat perebutan tiga agama.

Konflik mereda saat Dinasti Utsmaniyah (Ottoman) berkuasa pada 1517, dan berakhir pada 1917.

Palestina versus Israel

Pada 1917, diikuti kekalahan Turki Utsmaniyah pada Perang Dunia I, Yerusalem diduduki Inggris di bawah komando Jenderal Edmund Allenby. Saat itu, Menteri Luar Negeri Inggris, Arthur Balfour memberikan isyarat kepada seorang Yahudi kaya, Lord Rothschild, bahwa Inggris mendukung terbentuknya pemukiman bagi kaum Yahudi yang terdesak di Eropa untuk menetap di Palestina.

Pada 1949, Yahudi membentuk negara Israel, dan menguasai bagian barat Yerusalem. Pada 1967 Israel mencaplok bagian timur, termasuk “Kota Lama”. Aksi Israel ini menyulut peperangan dahsyat, yang dikenal “Perang Enam Hari” antara Israel melawan tiga negara Arab, Mesir, Yordania dan Suriah. Tapi Israel menang.

Lalu, soal siapa yang berhak atas Masjid Al-Aqsa pun menjadi sengketa, dan juga isu peka dalam konflik Israel-Palestina. Israel mengklaim berkuasa atas masjid itu, dan seluruh Bukit Bait Suci atau Al Haram Al Syarif. Begitu pula Palestina, yang terus menuntut kepemilikan penuh masjid ini serta situs suci Islam lainnya di Yerusalem Timur. Bentrokan berdarah, dan kerusuhan, dari kedua kubu terus bergolak sampai hari ini.

Pada 1990, misalnya polisi Israel bentrok dengan para demonstran Palestina. Sekitar 22 warga Palestina tewas. Bentrok dipicu pernyataan kelompok Yahudi Ortodoks, Gerakan Setia Bait Suci, yang menyatakan akan meletakkan batu pertama untuk pembangunan Bait Suci Ketiga.

Pada akhir September 2000, lagi-lagi bentrok berdarah terjadi yang dipicu dengan kunjungan pemimpin Israel Ariel Sharon beserta seribu petugas bersenjata ke kompleks Al-Aqsa. Rakyat Palestina murka dan demonstrasi meletus. Selama lima tahun, Palestina melancarkan perlawanan yang dikenal sebagai Intifadah Al-Aqsa.

Mengapa perdamaian seperti muskil di tanah Yerusalem? Peneliti Timur Tengah LIPI, Hamdan Basyar, mengatakan soal status Yerusalem sepertinya bisa dikompromikan. “Wilayah Kota Tua (Yerusalem Timur) menjadi teritorial internasional,” ujar Hamdan. Yang sulit, soal status Al-Aqsa. Umat Islam ingin Masjid Al Aqsa seharusnya diserahkan kepada mereka. “Soalnya, sudah diakui dunia sebagai peninggalan Islam".

Tapi inilah soalnya. Israel, dengan segala catatan sejarah tua bangsa Yahudi, berambisi membuktikan bahwa Al-Aqsa adalah milik mereka. Untuk membuktikan di sana tempat berdirinya Bait Tuhan pertama dan kedua, Israel melakukan penggalian di sejumlah sisi Masjid Al Aqsa sejak 1970. “Aksi inilah yang tidak diterima oleh kaum Muslim,” ujarnya.

Jika terbukti benar, Bait Tuhan yang ketiga akan berdiri dengan merobohkan Masjid Al Aqsa. Kalau itu terjadi, tentu itu menjadi perkara yang sangat serius: melenyapkan situs terbesar peninggalan Islam. “Inilah yang membuat konflik terjadi terus menerus," kata Hamdan. (np)


© VIVA.co.id

"Cazorla adalah perpaduan Brady dan Fabregas," kata Keown.
Selasa, 28 Agustus 2012, 20:07 WIB
Zaky Al-Yamani


Winger Arsenal, Santi Cazorla (theindependent.co.uk)

VIVAbola - Mantan pemain legendaris Arsenal, Martin Keown menilai rekrutan baru The Gunners musim ini, Santi Cazorla lebih baik dari mantan kapten Arsenal Cesc Fabregas yang hengkang ke Barcelona musim lalu.

Klub
Pemain Bintang

Keown menganggap Cazorla merupakan perpaduan Fabregas dan sosok mantan bintang Arsenal asal Irlandia, Liam Brady. Di tambah Cazorla mampu memainkan bola dengan kedua kakinya, yang sedikit pemain profesional bisa melakukan hal tersebut.

"Dia adalah perpaduan Brady dan Fabregas. Dia memiliki kemampuan menembak ala Brady dan visi permaian ala Fabregas. Bahkan dalam hal penguasaan bola, dia lebih baik dari Fabregas," kata Keown seperti dilansir Daily Mail, Selasa, 28 Agustus 2012.

"Pergerakannya di lapangan begitu cepat. Menyaksikan dia bermain, sulit menerka apakah dia dominan kaki kiri atau kanan. Karena dia terlihat begitu nyaman dengan keduanya," lanjut Keown.

Arsenal mendatangkan Cazorla dari Malaga di bursa transfer musim panas ini dengan biaya €19 juta. Pemain timnas Spanyol berusia 27 tahun itu menjadi andalan Malag musim lalu dengan tampil di 38 laga dan menorehkan 9 gol.

"Bakat pemain dari Spanyol memang fantastis. Dan kualiatsnya dapat dilihat langsung oleh semua orang di laga yang mereka mainkan," tandasnya.


• VIVAbola

PSSI Versi KLB Jakarta Respon Surat AFC

Dikirim empat hari setelah surat AFC kepada PSSI.
Selasa, 28 Agustus 2012, 19:50 WIB
Marco Tampubolon

Kongres KPSI di Jakarta (VIVAnews/Ali Usman)

VIVAbola - PSSI versi Kongres Luar Biasa (KLB) Ancol pimpinan La Nyalla Mattalitti langsung merespon surat yang dilayangkan AFC terkait larangan bagi pemain untuk memperkuat timnas. Dalam suratnya, La Nyalla menjelaskan alasan klub mengeluarkan aturan tersebut.

Dalam suratnya, La Nyalla menyatakan bahwa pihaknya menyadari betul adanya aturan FIFA and transfer of Players yang melarang perjanjian klub dengan pemainnya untuk dapat memperkuat timnas pemain terkait. Namun menurut La Nyalla, aturan ini hanya berlaku bila laga yang dimaksud masuk ke dalam kalender internasional yang dikeluarkan oleh FIFA atau lebih dikenal dengan istilah International “A” matches.

"Seperti permintaan pelepasan pemain yang dilayangkan PSSI terhadap beberapa klub pada saat akan melakukan pertandingan uji coba melawan klub Spanyol; Valencia FC. Tanggal pelaksanaan pertandingan adalah 4 Agustus 2012. Tanggal tersebut tidak termasuk ke dalam kalender pertandingan internasional FIFA dan oleh sebab itu klub-klub tadi tidak memiliki kewajiban untuk melepas pemainnya seperti tertuang pada peraturan FIFA tentang Status and Transfer Of Players aneks 1, artikel 1, ayat 3," beber Nyalla dalam surat berbahasa Inggris yang ditujukan kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) AFC, Alex Soosay.

"Permintaan tersebut bahkan mengharuskan klub-klub tadi melepaskan pemainnya lima hari sebelum pertandingan dan juga harus segera bergabung untuk TC sehari setelah pertandingan tersebut. Pelanggaran terhadap peraturan FIFA memperjelas bahwa tindakan tersebut tidak sah dan illegal dan juga memperlihatkan kurangnya pemahaman PSSI terhadap peraturan dan petunjuk FIFA," ujar La Nyalla menjelaskan.

Lebih lanjut, La Nyalla menyatakan bahwa kepemimpinan PSSI saat ini telah gagal mengatur timnas secara efisien. Tidak ada rencana jangka panjang dan kurangnya dukungan dari segi teknis telah menjadikan timnas Indonesia berada di level yang sangat rendah.

Beberapa pertandingan timnas membuktikan hal itu semua. Semenjak Djohar Arifin memimpin PSSI timnas Indonesia tenggelam ke dalam tingkatan yang cukup memalukan. Kekalahan 10-0 atas Bahrain pada babak kualifikasi piala dunia 2014, perekrutan pelatih dan administrator yang kurang pengalaman serta ilmu dan mengadakan pertandingan-pertandingan uji coba yang dirancang tergesa-gesa. Dalam suratnya, La Nyalla juga membeberkan sederet kegagalan Djohar dalam mengelola timnas.

Sebelumnya, AFC telah mengirim surat kepada sekretaris PSSI, Tri Goestoro yang juga ditembuskan kepada KPSI. Dalam suratnya Alex Soosay menyatakan bahwa pihaknya mendapat informasi mengenai sikap beberapa klub yang melarang pemainnya memperkuat timnas Indonesia. Di mata AFC, tindakan ini telah melanggar MoU yang telah ditandatangani oleh pihak-pihak bertikai di Malaysia, pada Juni 2012. AFC selanjutnya meminta penjelasan mengenai hal ini dan meminta agar kasus ini dibahas dalam rapat Komite Bersama (joint committee). (umi)


• VIVAbola

Soal Timnas, AFC Surati Dua Kubu PSSI

"Kami punya kesempatan memberi penjelasan yang gamblang kepada AFC."
Selasa, 28 Agustus 2012, 19:39 WIB
Marco Tampubolon

Surat AFC (Marco/VIVAbola)

VIVAbola - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menilai tindakan klub melarang pemainnya memperkuat tim nasional (timnas) Indonesia telah menyalahi kesepakatan (MoU) yang ditandatangani PSSI, KPSI, dan ISL di Malaysia beberapa waktu lalu. Karena itu, AFC meminta agar masalah ini dibicarakan pada rapat lanjutan Komite Bersama (Joint Committee).

Pernyataan ini disampaikan AFC melalui surat yang dikirimkan kepada Sekjen PSSI, Tri Goestoro, 23 Agustus lalu. Surat yang ditandatangani oleh Sekjen AFC, Alex Soosay itu juga ditembuskan kepada Satuan Tugas AFC untuk Indonesia (AFC Task Force Indonesia ), FIFA, ISL, dan KPSI.

"Tindakan melarang pemain yang telah memenuhi syarat saat dipanggil timnas adalah pelanggaran serius terhadap MoU yang telah disepakati oleh PSSI, ISL, dan KPSI," tulis AFC dalam suratnya kepada PSSI.

Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, membenarkan pihaknya telah menerima surat dari AFC terkait pemain timnas. Menurutnya, AFC telah mendengar informasi mengenai adanya larangan yang diterbitkan klub-klub di Indonesia bagi pemainnya dalam memperkuat tim nasional.

Juru Bicara PSSI versi KLB Ancol, Andi Darussalam Tabusalla, menyambut baik surat dari AFC. Sebab, lanjutnya, akan menjadi kesempatan mereka untuk menjelaskan secara gamblang mengenai situasi yang terjadi terjadi di persepakbolaan Indonesia saat ini.

"Kami pikir ini bagus. Kami punya kesempatan untuk memberikan penjelasan yang gamblang kepada AFC sebab selama ini kubu Djohar Arifin Husin sama sekali tidak pernah berkeinginan menjalankan MoU yang sudah disepakati sebelumnya. Mereka sejak awal selalu jalan sendiri padahal legitimasi mereka sebenarnya sudah habis," kata Andi.

Pada kesempatan yang sama, Andi juga mengritik kinerja Ketua Join Committee (komite bersama), Todung Mulya Lubis. Mantan Direktur PT Liga Indonesia tersebut menilai Todung dalam menjalankan perannya masih terkesan membela salah satu kubu, yakni PSSI Djohar Arifin.

"Kalau sudah di JC harusnya jangan lagi mewakili kelompok. Jangan membawa diri sebagai pengacara PSSI, karena JC bukan mencari siapa yang menang dan kalah, tapi mencari solusi yang tepat," beber Andi.

Juni lalu, AFC mengundang pihak-pihak yang berseberangan di sepak bola Indonesia. Mereka adalah PSSI kubu Djohar dan La Nyalla serta pengelola Liga Super Indonesia (ISL). Setelah melalui pembicaraan selama dua hari, ketiga kubu ini akhirnya bersedia menandatangani nota kesepahaman (MoU). Penandatangan dilakukan oleh Djohar Arifin Husin selaku perwakilan PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti mewakili KPSI dan Joko Driyono dari ISL. La Nyalla adalah ketum terpilih pada KLB PSSI di Ancol, Februari lalu.

PSSI pimpinan Djohar telah memanggil pemain-pemain--termasuk dari ISL--untuk memperkuat timnas yang akan tampil di Piala AFF 2012. Namun belakangan, beberapa pemain yang memperkuat tim ISL memutuskan untuk mundur dari pemusatan latihan. Sedangkan sebagian lagi memilih tidak memenuhi panggilan tersebut. Di pihak lain, PSSI La Nyalla juga memutuskan untuk membentuk timnas untuk tampil di event yang sama.


• VIVAbola

Milan Pertanyakan Motif Kepergian Cassano

Cassano memilih Inter jadi pelabuhan barunya musim ini.
Selasa, 28 Agustus 2012, 19:15 WIB
Zaky Al-Yamani


Cassano (kiri) bersama Sneijder (REUTERS/Giampiero Sposito )

VIVAbola - Dierktur Olahraga AC Milan, Ariedo Braida mempertanyakan motivasi Antonio Cassano hengkang dari Rossoneri musim ini. Apalagi mantan pemain AS Roma itu hengkang ke Inter yang merupakan rival sekota Milan.

Klub
Pemain Bintang

Yang menambah getir, Cassano langsung tampil padu bersama tim barunya itu di laga perdana Serie A akhir pekan lalu. Cassano menjadi kreator satu dari tiga gol kemenangan Inter atas tim promosi, Pescara.

"Dia mendesak kami untuk segera menjualnya. Dia meminta kami sekali, lima kali, sepuluh kali hingga seratus kali. Sampai pada titik tidak ada lagi yang bisa kami lakukan (selain melepasnya)," kata Braida seperti dilansir Football Italia, Selasa, 28 Agustus 2012.

"Jelas ada yang tidak beres. Saya telah mengadakan pertemuan dengan dia. Tapi saya masih tidak mengerti motifnya untuk hengkang. Dia tidak memberitahu saya," lanjutnya.

Jika saat di Milan, Cassano tidak menjelaskan apapun. Berbeda saat dirinya sudah resmi bergabung ke Inter. Mantan pemain Real Madrid itu berkoar-koar jika alasannya hengkang karena Wakil Presiden Milan, Adriano Galliani telah mengingkari janji. (irb)


• VIVAbola

Konfirmasi Blunder Transfer Milan

Milan sangat kehilangan sosok Ibrahimovic dan Thiago Silva.
Selasa, 28 Agustus 2012, 05:24 WIB
Muchamad Syuhada

Andrea Costa jebol gawang AC Milan

VIVAbola - Berawal dari umpan sepak pojok Fernando Tissone di menit 59, full bek kiri Sampdoria, Andrea Costa yang melakukan over lap, melakukan sundulan hingga menggetarkan gawang Christian Abbiati. Gol itupun akhirnya mengatarkan tm asuhan Ciro Ferrara meraup angka penuh dari lawatan ke San Siro melawan AC Milan.

Sementara tim tamu pulang dengan senyum lebar di wajah, tuan rumah hanya bisa tertunduk lesu sembari bersiap menerima kritik, hujatan hingga cemooh dari publiknya sendiri.

Kekalahan di laga perdana merupakan hal yang memilukan sekaligus memalukan, apalagi itu menimpa klub dengan nama besar seperti Milan. Yang lebih miris, secara hitung-hitungan tim asuhan Massimiliano Allegri juga menjadi pencatat hasil terburuk di antara tim-tim tujuh besar musim lalu.

Tak perlu membandingkan performa Milan dengan Juventus, Inter Milan, Napoli dan Lazio. Empat tim itu semuanya sama-sama berhasil meraih kemenangan di laga pembuka musim ini.

Sementara AS Roma, meskipun belum tampil meyakinkan, tapi setidaknya mereka sanggup meraih satu poin ketika menjamu Catania di Olimpico akhir pekan kemarin. Giallorossi yang sempat dua kali tertinggal dari Gli Elefanti menutup pertandingan dengan hasil imbang 2-2 di masa injury.

Hanya Udinese yang gagal memetik sebiji poin pun. Mereka kalah 1-2 dari Fiorentina. Namun patut dicatat, skuad Friulani yang konsentrasinya kini tengah terbagi karena mengikuti babak kualifikasi Liga Champions dibungkam La Viola di Artemio Franchi, bukan di muka publik setia mereka layaknya Milan. Jangan lupa pula bahwa Sampdoria adalah tim yang baru promosi dari Serie B.

"Sangat tidak menyenangkan takluk di laga pembuka kompetisi. kekalahan ini menyisakan kegetiran. Kami bereaksi dengan tepat usai kebobolan. Tapi kami tidak mampu berbuat apa-apa untuk mengubah skor," ungkap Abbiati usai laga.

Melemah Ditinggal Pemain Pilar

Dengan hengkangnya Zlatan Ibrahimovic dan Antonio Cassano, otomatis lini depan Milan menjadi tumpul. Mereka boleh memegang 60 persen penguasaan bola, melepaskan 23 kali tembakan yang 7 di antaranya mengarah ke gawang, tapi tidak satupun gol tecipta buat Milan di laga tersebut.

Justru pihak lawan yang menghukum Milan atas celah di pertahanan yang mereka buka semakin lebar ketika memutuskan melego Thiago Silva satu paket dengan Ibracadabra, julukan Ibrahimovic, ke klub 'mendadak kaya raya' Paris Saint-Germain.

Sejak awal Milan harusnya sadar bahwa skuad mereka sudah melemah sejak mundurnya para pemain senior macam Alessandro Nesta, Gennaro Gattuso dan lain-lain. Tapi manajemen klub juga sudah cukup terdesak oleh problem finansial sehingga mau tidak mau mereka harus mengambil langkah penuh risiko yaitu dengan melelang aset berharga yang masih ada, dalam hal ini Ibra dan Silva.

Kecemasan melebar saat Milan terbukti hanya mampu mendatangkan pemain dengan kelas medioker untuk menggantikan penggawa berkualitas sebelumnya. Dan kekalahan dari Sampdoria itu bisa dibilang menjadi sebuah konfirmasi atas blunder strategi transfer Milan yang prakarsai Adriano Galliani.

Sementara Allegri sendiri selaku pelatih menolak anggapan bahwa kekalahan dari Sampdoria merupakan sinyal keterpurukan Milan di musim ini. Bahkan menurutnya Robinho Cs bisa menang jika saja dewi fortuna tidak beralih dari sisi mereka.

"Babak pertama kami main dengan sedikit rasa takut melawan tim yang bertahan dengan bagus. Setelah istirahat, kami mulai bermain cukup baik dan kemudian kami tertinggal lewat satu-satunya tendangan penjuru yang mereka miliki," ucap Allegri.

"Usaha kami membentur tiang dua kali. Kami juga memaksa mereka menyelamatkan bola di garis gawang dan mereka beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang. Saya tidak bisa meminta sesuatu yang lebih dari pemain saya saat ini," sambungnya.

Baru Awal Musim

Sementara Abbiati berharap sikap sabar ditunjukkan para fans karena Milan sekarang dalam proses regenerasi. Lagipula ini baru awal musim, jadi mereka masih punya banyak kesempatan untuk memperbaiki semuanya.

"Para fans harus mengerti bahwa siklus sedang terjadi di klub ini, di mana era lama berakhir dan era baru akan dimulai," kata Abbiati.

"Kami meminta kepada fans untuk bersikap sabar. Banyak pemain juara telah pergi tapi para pemain muda yang haus kemenangan telah datang," lanjutnya.

Hal senada juga disampaikan oleh gelandang Antonio Nocerino. Dia tidak mau terlalu meratapi kagagalan di laga pembuka itu.

"Kami kecewa telah kalah. Tapi tidak ada yang perlu ditangisi. Ini laga pertama," kata Nocerino.

Menurutnya, musim lalu Milan telah membuktikan bahwa start buruk tidak berarti apa-apa. Milan tetap mampu bersaing dalam perebutan gelar, meski akhirnya kalah dari Juventus yang merebut Scudetto.

"Kami memulai kompetisi tahun lalu dengan lambat juga, tapi kemudian kami mampu bangkit. Dan sekarang saya masih memiliki kepercayaan terhadap tim ini. Milan tetaplah Milan," jelasnya.


• VIVAbola

Van Persie Mulai Unjuk Gigi

"Itu adalah penyelesaian akhir yang fantastis."
Senin, 27 Agustus 2012, 06:24 WIB
Muchamad Syuhada


Robin van Persie (REUTERS/David Grey)

VIVAbola - Sabtu, 26 Agustus 2012 menjadi hari yang akan selalu diingat oleh Robin van Persie. Ya, itu untuk kali pertama dia tampil Old Trafford dengan mengenakan seragam The Red Devils. Dan lebih yang lebih membuat berkesan, dia juga sukses mencetak debut gol di kesempatan itu.

Klub
Pemain Bintang

Sebuah tendangan first time kaki kiri menyambar umpan silang Patrice Evra dari sisi kiri yang dilesakan pemain 29 tahun itu membuat bola bergulir deras ke dalam gawang yang dikawal Mark Schwarzer. Sontak fans 'Setan Merah' yang hadir di 'Theatre of Dreams' bersorak kegirangan karena timnya berhasil membuat skor kembali setara setelah sebelumnya tertinggal 0-1 oleh gol Damien Duff di menit ke-3.

Pujian kepada van Persie tentunya langsung mengalir deras. Apalagi pada kesempatan tersebut MU sukses menutup laga dengan kemenangan 3-2.

"Itu adalah penyelesaian akhir yang fantastis. Gol tersebut menggambarkan bagaimana kelebihan teknisnya dalam mencetak gol," kata manajer MU, Sir Alex Ferguson usai pertandingan.

Bukan hanya bagus secara proses, namun gol pemain asal Belanda itu, menurut Fergie, panggilan akrab Sir Alex, memiliki nilai lebih karena membuat motivasi tim kembali terangkat.

"Itu mengangkat kepercayaan diri pemain. Dan sejak gol Van Persie, kami bermain sangat, sangat baik hingga laga berakhir," lanjutnya.

Meskipun mampu menyumbang gol, tapi van Persie mengaku sempat gugup tampil pada laga itu. Dia masih merasa canggung kerena biasanya merumput di kandang MU sebagai musuh.

"Ini sesuatu yang berbeda, tentu saja. Saya tampil di sini (Old Trafford) beberapa kali sebelumnya. Tapi saya selalu menyukai stadion ini," seru pemain yang pernah memperkuat Feyenoord itu.

Peran Krusial di Laga Selanjutnya

Kemungkinan besar van Persie akan terus dipercaya menjadi ujung tombak utama MU di pertandingan-pertandingan selanjutnya. Ya, itu terkait cedera yang membekap Wayne Rooney di duel kontra The Cottagers akhir pekan kemarin.

Rooney yang baru masuk di babak kedua, tepatnya menit 68 menggantikan Kagawa, tertimpa petaka saat injury time. Mantan pemain Everton itu mengalami luka parah di paha kanan setelah berupaya menahan tendangan keras Hugo Rodallega.

Atas cedera tersebut kemungkinan pemain yang akrab disapa Wazza harus absen selama empat pekan ke depan. Artinya Rooney tidak bisa bermain saat MU menghadapi Southampthon, Wigan Athletic, dan Liverpool.

"Itu merupakan cedera yang sangat buruk. Dia telah dilarikan ke rumah sakit dan saya pikir dia harus absen 4 pekan," ungkap Sir Alex.

Musibah yang menimpa Rooney itu tentu berimbas kepada van Persie. Ke depannya dia mungkin bakalan terus diturunkan sebagai starter, baik itu berduet dengan Kagawa, Danny Welbeck atau penggawa lini depan lainnya.

Selain karena telah menunjukkan ketajaman dengan menyumbang sebuah gol di partai kontra Fulham, alasan Ferguson mempercayakan posisi ujung tombak kepada van Persie adalah kerena dia merupakan pemain depan dengan jam terbang terbanyak di Premier League ketimbang yang lainnya. Gelar top scorer kompetisi sepakbola negeri Ratu Elizabeth yang disandang van Persie tentunya juga jadi nilai tambah di mata Sir Alex.

Bukti Kepiawaian Sir Alex Meramu Tim

Dua rekrutan anyar MU sama-sama menyumbang gol di pertandingan melawan Fulham. Selain van Persie, Kagawa berhasil mencatatkan namanya di papan skor berkat lesakan di menit 41.

Kagawa yang menjadi motor serangan MU di babak pertama menyabar bola muntah hasil sepakan keras Tom Cleverley. Dan berkat golnya tersebut MU sukses membalikkan kedudukan menjadi 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu sejak menit ke-3.

Aksi gemilang Kagawa bersama MU itu kontan membuat nama pemain yang diboyong dari Borussia Dortmund tersebut mengisi tajuk utama media-media di negara asalnya, Jepang.

Fans boleh bersorak gembira menyambut hasil positif yang diraih MU. Mereka juga dipersilakan memuji performa dua pahlawan baru tim kesayangannya, van Persie dan Kagawa. Namun hendaknya mereka juga jangan melupakan sosok Sir Alex yang sekali lagi menunjukkan kepiawaiannya dalam meracik komposisi tim.

Tampilnya van Persie dan Kagawa dalam starting XI di pertandingan melawan Fulham memang mengejutkan banyak pihak. Demi menurunkan keduanya, pria asal Skotlandia tersebut bahkan sampai mengorbankan anak emas yang juga menjadi simbol keganasan lini depan MU selama ini, Wayne Rooney.

Tapi kecerdikan, pengalaman dan insting Sir Alex lagi-lagi memegang kendali. Dua pemain itu sama-sama berhasil mencetak gol dan mempersembahkan kemenangan pertama buat MU di musim baru ini. (irb)


• VIVAbola

Diwarnai Empat Home Run, Yankees Tumbang

Blue Jays berhasil mencuri poin pada extra-inning.

Selasa, 28 Agustus 2012, 12:24 Anry Dhanniary
Pemain NY Yankees, Nick Swisher, membuat home-run
Pemain NY Yankees, Nick Swisher, membuat home-run ( REUTERS/Ray Stubblebine)
VIVAnews - New York Yankees menelan kekalahan menyakitkan saat menghadapi Toronto Blue Jays, Minggu 27 Agustus 2012 atau Senin pagi WIB, dalam lanjutan Liga Bisbol Amerika (MLB). Sempat hampir menang, Yankees harus gigit jari di babak perpanjangan waktu pada laga yang diwarnai empat home-run itu.


Bermain di depan ribuan pendukungnya di Yankee Stadium, kedua tim langsung tampil bagus sejak awal laga. Robinson Cano berhasil membuat sebuah home-run pada inning pertama, sebelum dibalas oleh Adam Lind di awal inning kedua.

Home-run kembali terjadi dan kembali lewat pukulan Cano. Home-run ke-27 Cano musim ini berhasil membawa Yankees kembali unggul pada inning empat, bahkan tuan rumah sempat memperlebar kedudukan jadi 4-1.

Kejar mengejar angka terjadi setelah Blue Jays perlahan bangkit. Dipenghujung laga, Yankees sebenarnya sudah unggul 6-4 namun kemenangan itu dibuyarkan oleh three run home-run (home-run yang memasukan tiga pemain) yang dibuat Colby Rasmus saat posisi sudah dua out. Skor pun berbalik 6-7 untuk Jays.

Meski Yankees sempat mengejar dan menyamakan kedudukan pada inning terakhir, Blue Jays kembali berhasil mencuri poin pada extra-inning (inning 11) untuk meraih kemenangan 8-7 atas tuan rumah.

Kemenangan ini menghindarkan klub asal Kanada itu dari delapan kekalahan beruntun. Sedangkan bagi Yankees, ini adalah kegagalan ketiga closer pitcher mereka, Rafael Soriano, merebut kemenangan dalam 36 laga. (irb)

Hasil pertandingan MLB, Senin 28 Agustus 2012:

BOSTON 5 Kansas City 1
BALTIMORE 4 Chicago White Sox 3
Toronto 8 NY YANKEES 7 (11 innings)
Oakland 3 CLEVELAND 0
St. Louis 4 PITTSBURGH 3
TEXAS 6 Tampa Bay 5
Seattle 1 MINNESOTA 0


© VIVA.co.id

Lakers Bangun Patung Kareem Abdul-Jabbar

Abdul-Jabbar masih tercatat sebagai pencetak poin terbanyak di NBA.

Selasa, 28 Agustus 2012, 10:51 Anry Dhanniary
Kareem Abdul-Jabbar (kuning) melakukan skyhook andalannya
Kareem Abdul-Jabbar (kuning) melakukan skyhook andalannya (NBA.com)
VIVAnews - 23 tahun sudah berlalu sejak kali terakhir melihat aksi legenda Los Angeles Lakers, Kareem Abdul-Jabbar. Tapi, jika Anda sekali-kali ke Staples Center, sang legenda bisa ditemui setiap hari.


Pasalnya, menurut LA Timers, Lakers berencana untuk mendirikan patung Abdul-Jabbar tepat di luar kandangnya. Ini demi menghormati pemain yang masih tercatat sebagai pencetak angka terbanyak dalam sejarah NBA itu.

Meski mempersembahkan 6 gelar juara NBA serta merebut 6 gelar Most Valuable Player (MVP) saat berkostum Lakers, hubungan Abdul-Jabbar dengan klub pantai barat Amerika Serikat itu tidak terlalu baik.

Dalam beberapa tahun terakhir, hubungan keduanya sempat renggang setelah nama Jabbar dicoret dari posisi Asisten Spesial pada pertengahan 2010-11. Tidak lama berselang, Jabbar kembali meradang karena Lakers lebih dulu membangun patung Jerry West (eks pemain dan pelatih Lakers era 1970an) dan Magic Johnson daripada dirinya.

Namun, rasa kesal sang legenda NBA tampaknya bisa sedikit mereda setelah klub yang identik dengan warna kuning-ungu itu merencanakan pembangunan patung Jabbar pada waktu dekat. Belum ada pernyataan lebih lanjut kapan patung itu akan diumumkan.

Sebelumnya, Staples Center sudah membangun lima patung. Jerry West, Magic Johnson, pembawa acara olahraga Chick Hearn, mantan pemain hoki es profesional, Wayne Gretzky, dan mantan bintang tinju dunia, Oscar De La Hoya, sudah dibangun lebih dulu di sekitar stadion berkapasitas 20.000 tempat duduk itu. (one)


© VIVA.co.id

Tekad Rea Taklukan Tantangan di MotoGP

Sejauh ini, Rea merasa nyaman berada di atas sadel Honda RC213V.

Selasa, 28 Agustus 2012, 07:51 Rejdo Prahananda
Jonathan Rea akan menggantikan posisi Casey Stoner
Jonathan Rea akan menggantikan posisi Casey Stoner
VIVAnews - Jonathan Rea percaya diri bisa menaklukkan tantangan yang diberikan Honda Racing Team. Sosok pengganti Casey Stoner yang datang dari lintasan Superbike itu optimistis bisa mengendalikan buasnya tenaga motor 1000cc di balap roda dua kelas Premier tersebut.


Dia mengaku akan memanfaatkan betul sesi tes resmi selama tiga hari bersama tim pabrikan untuk mengenal karakter lebih jauh motor 1000cc. Sejauh ini, Rea merasa nyaman berada di atas sadel Honda RC213V.

Menurut dia, perbedaan yang cukup menonjol di kelas MotoGP dan Superbike adalah ban dan rem. "Paket mesin dan elektronik di WSBK juga cukup canggih," ucap rider Castrol Honda World Superbike Team itu kepada Autosport.

"Motor 1000cc jauh lebih cepat. Tapi saya sudah cukup akrab dengan motor ini. Saya tahu, apa yang harus saya lakukan," lanjut Rea seraya menggambarkan motor 1000cc MotoGP sangat liar dan sulit dikendalikan. "Sebuah mesin bernapas api yang sangat cepat. Jadi, saya sangat menantikan tantangan ini," kata dia.

Dia pun mengaku kaget sekaligus tersanjung saat Honda menunjuknya mengisi posisi Stoner yang mengalami cedera ankle. Rea kemungkinan besar akan membalap untuk Repsol Honda Racing Team dalam dua seri ke depan di Misano dan Aragon.

"Saya berada di bawah ilusi betapa sulitnya mengendalikan mesin tangguh di kelas MotoGP," ujar Rea. "Sekarang, saya mencoba menikmati motor ini dan memberikan umpan balik," tambah Rea saat ditanya prioritasnya saat ini, tampil di trek kelas para Raja.


© VIVA.co.id

Sharapova Tembus Babak II US Open

Selanjutnya Sharapova akan ditantang Lourdes Dominguez Lino.

Selasa, 28 Agustus 2012, 07:20 Haryanto Tri Wibowo
Maria Sharapova di US Open 2012
Maria Sharapova di US Open 2012 (REUTERS/Kevin Lamarque)
VIVAnews - Petenis cantik Rusia, Maria Sharapova, melangkah ke babak dua US Open 2012 usai mengalahkan Melinda Czink dengan 6-2 dan 6-2, Senin 27 Agustus 2012 waktu setempat (Selasa dini hari WIB).


Sharapova, yang merupakan juara US Open 2006, langsung menemukan permainan terbaiknya di pertandingan pertama melawan Czink. Sharapova berhasil menundukkan petenis asal Hongaria tersebut hanya dalam 67 menit.

Sharapova, yang merupakan unggulan ketiga, langsung menang di lima game pada set pertama. Petenis 25 tahun itu menutup set pertama dengan sebuah ace yang gagal dibendung Czink.

Di set kedua, Sharapova langsung memimpin 3-0. Czink, yang merupakan petenis peringkat 88 dunia, sempat mendekat hingga 4-2. Namun, Sharapova langsung merebut dua game terakhir dan menang 6-2 di set kedua.

Selanjutnya Sharapova akan ditantang Lourdes Dominguez Lino. Petenis asal Spanyol itu berhasil lolos ke babak dua dengan mengalahkan Sesil Karatantcheva dari Kazakhstan dengan 6-4 dan 6-1.


© VIVA.co.id

Dell Siapkan Tablet dan Notebook Windows 8

Salah satunya adalah XPS 12, notebook dengan layar convertible.

Selasa, 28 Agustus 2012, 19:33 Bayu Galih, Amal Nur Ngazis
Dell XPS 12
Dell XPS 12 (ultrabooks.carrypad.com)
VIVAnews - Tahun ini Dell memfokuskan lini bisnisnya dengan mengincar kelas konsumen premium. Sebagai keseriusan Dell pada kelas premium, sampai akhir tahun ini Dell akan mengeluarkan dua produk terbarunya, yaitu tablet XPS 11 dan XPS 12, notebook dengan layar convertible.


"Keduanya akan dihadirkan pada Oktober mendatang berbarengan dengan peluncuran Windows 8," ujar Willy Hendrajudo, Marketing Manager Customer Business Dell Indonesia di Hotel Kempinsky, Jakarta, Selasa 28 Agustus 2012.

Willy menyebutkan seri laptop premium XPS 12 memiliki kemampuan convertible, yakni layar yang dapat diputar 180 derajat. Ini menjadikan layar dapat diputar untuk dipasang di bagian depan.

Sementara seri tablet XPS 11 merupakan tablet, yang telah ditanam windows 8. Willy menyebutkan untuk harga, seri XPS 12 dihargai dengan kisaran US$ 1500 sementara seri XPS 11 dibanderol lebih murah US$ 200.

Kedua seri tersebut, akan keluar dengan prosesor genersi ketiga Intel, Ivy Bridge dengan pilihan dua varian Core i5 dan i7. Sebagai fokus ke kelas konsumer premium, Dell juga mengandalkan empat laptop generasi XPS lain yaitu XPS 13, 14, 15, dan 16z.

Meski fokus di kelas premium, Dell juga tetap akan mengeluarkan produk untuk kalangan menengah. "Kami akan mengeluarkan empat varian Inspiron lagi," katanya.

Willy mengatakan untuk XPS 13 telah terjual sekitar 500 unit per kuartal kedua, sedangkan lini Inspiron setri 14 z telah terjual 5 ribuan unit.

Mengenai pemilihan fokus pada kelas premiun, ia mengatakan pertimbangan jaringan infrastruktur Dell yang telah memadai dengan dukungan service center 24 jam sebagai salah satu alasannya.

"Service center ini juga merupakan nilai tambah yang tidak ada di kompetitor lain," katanya. Bahkan, service center Dell memungkinkan fleksibilitas sampai titik layanan yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Dengan kelas premium ini, Dell mentargetkan meraih peringkat nomor tiga di Indonesia. (sj)


© VIVA.co.id

Curiosity Saingi Misi Neil Armstrong

NASA akan persiapkan jejak bersejarah pendaratan rover ini di Mars.

Selasa, 28 Agustus 2012, 16:25 Bayu Galih
Neil Armstrong saat berada di bulan
Neil Armstrong saat berada di bulan (REUTERS/Edwin Aldrin-NASA/Handout)
VIVAnews - Curiosity, kendaraan robotik atau rover milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) yang sedang melakukan penjelajahan di Mars, berupaya mengikuti jejak legendaris yang tertinggal oleh Neil Armstrong. Ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap Armstrong, astronot pertama AS yang menginjakkan kakinya ke bulan, yang meninggal Sabtu lalu, 25 Agustus 2012.


Neil dan rekannya, Buzz Aldrin, meninggalkan jejak manusia pertama di bulan. Jejak itu berupa bekas tapak sepatu boot yang berbekas di debu bulan, di tiap langkah yang mereka pijakkan.

NASA kemudian mempersiapkan impresi yang sama terhadap pendaratan Curiosity di Mars. Rover itu mendarat di planet merah pada 5 Agustus 2012, dan kemudian melakukan penjelajahan pertama pada 22 Agustus.

Mengutip LiveScience, kepala peneliti Curiosity di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena-AS, John Grotzinger, mengatakan "gambar ikonik misi itu memperlihatkan empat bekas tancapan dengan jejak roda". Grotzinger kemudian membandingkan foto jejak Curiosity dengan jejak Neil Armstrong.

Saat ditanya apakah Curiosity akan membuat perjalanan yang sama menariknya seperti Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan pilot Michael Collins, Grotzinger menjawab: "Saya pikir selain manusia, robot juga melakukan hal yang hampir sama," ucap Grotzinger. "Analagi itu tentu sangat menarik," lanjutnya.

Jejak Curiosity di Mars Jejak kaki Neil Armstrong di bulan

Kendaraan robotik yang dikembangkan dengan dana US$ 2,5 miliar itu akan melakukan misi penjelajahan selama dua tahun di Mars. Curiosity akan mengeksplorasi kawah Gale untuk mencari apakah ditemukan tanda yang mengungkap adanya (atau pernah ada) kehidupan mikrobial di Mars,

Banyak yang menilai, misi Curiosity sama ambisiusnya dengan misi Apollo 11 yang dilakukan Armstong dan kawan-kawan. Dalam misi Apollo 11, AS memang bersaing dengan Uni Soviet dalam penjelajahan angkasa luar. (umi)


© VIVA.co.id

Israel Tolak Gugatan Keluarga Rachel Corrie

Corrie tewas dilindas buldoser saat cegah perobohan rumah di Gaza.

Selasa, 28 Agustus 2012, 15:51 Denny Armandhanu
Rachel Corrie, aktivis AS yang tewas dilindas buldoser Israel
Rachel Corrie, aktivis AS yang tewas dilindas buldoser Israel (Wikipedia)
VIVAnews - Pengadilan Israel akhirnya menolak gugatan hukum dari keluarga seorang aktivis Amerika Serikat, Rachel Corrie, terhadap pemerintah zionis. Pengadilan, pada sidang Selasa 28 Agustus 2012, memutuskan bahwa Israel tidak bersalah atas kematian Corrie akibat dilindas buldoser sembilan tahun lalu.


Hakim di pengadilan kota Haifa, Oded Gershon, mengatakan bahwa kematian Corrie adalah insiden yang memprihatinkan. Tapi, ujarnya, negara Israel tidak bertanggungjawab atas kematian tersebut karena saat itu sedang dalam situasi perang.

"Saya menolak gugatan tersebut. Tidak ada pembenaran untuk menuntut negara membayar kerugian," kata Gershon seperti dikutip kantor berita Reuters.

Keputusan ini sekaligus menutup harapan bagi keluarga Corrie yang telah berjuang menuntut keadilan melalui pengadilan sipil Haifa sejak 2005 lalu. Dalam gugatan tersebut, keluarga Corrie menuduh Israel secara sengaja dan dengan ilegal telah membunuh aktivis 23 tahun tersebut di Rafah pada 2003 lalu.

Corrie adalah aktivis anti pendudukan Israel dari Amerika Serikat yang menentang pembongkaran rumah warga Palestina di Rafah, Gaza. Dia tewas terlindas buldoser saat menghalangi alat berat tersebut merobohkan sebuah rumah.

Simbol Perlawanan

Semenjak itu, nama Corrie identik dengan simbol perlawanan. Kisahnya juga dibukukan dalam karya berjudul "Let Me Stand Alone."

Sebelumnya, pada penyelidikan awal, militer Israel menyatakan pemerintah Zionis itu tidak bersalah dalam insiden itu. Bahkan Kementerian Kehakiman Israel menegaskan bahwa kematian Corrie adalah kesalahannya sendiri karena tidak waspada.

Bahkan saksi kunci insiden tersebut, yaitu sopir buldoser, berulang kali mengatakan "tidak ingat" ketika ditanya apakah dia tidak melihat Corrie yang berdiri di depan kendaraannya.

Hal ini terasa janggal, karena dalam foto terakhir yang diambil sesaat sebelum dilindas, Corrie mengenakan jaket oranye terang dan berteriak melalui megaphone.

"Saya terluka," kata ibunda Corrie, Cindy, usai pembacaan putusan pengadilan tersebut.

Kepada Duta Besar AS untuk Israel Dan Shapiro, dilansir media lokal, keluarga Corrie tidak yakin investigasi Israel atas kasus Corrie dilakukan dengan seksama, kredibel dan transparan. (ren)


© VIVA.co.id

Puluhan Nelayan China Hilang Ditelan Badai

Dua kapal mereka terbalik dihantam topan Bolaven di perairan Korsel.

Selasa, 28 Agustus 2012, 14:22 Denny Armandhanu
Badai Bolaven melalui perairan pulau Jeju
Badai Bolaven melalui perairan pulau Jeju (REUTERS/Seogwipo Maritime Police/Handout )
VIVAnews - Sedikitnya empat orang nelayan China tewas dan puluhan lainnya hilang saat kapal mereka terbalik dihantam badai. Pemerintah China juga menerapkan status waspada saat badai melaju ke utara.


Diberitakan BBC, Selasa 28 Oktober 2012, dua kapal yang mereka gunakan terbalik di perairan sekitar pulau Jeju, Korea Selatan akibat hantaman badai topan Bolaven. Sedikitnya 31 nelayan dilaporkan hilang, belasan lainnya berhasil diselamatkan.

Topan Bolaven menyebabkan puluhan ribu rumah di Jepang dan Korea Selatan mati listrik. Pepohonan tumbang, menyebabkan jalur darat sulit dilalui. Badai juga memaksa banyak penerbangan dan pelayaran dibatalkan.

Seluruh sekolah di Seoul dilaporkan diliburkan. Korsel dan Amerika Serikat juga menunda latihan perang bersama dan mengevakuasi seluruh perangkat militer, termasuk kapal dan jet tempur.

Bolaven dilaporkan berjalan menuju utara, ke China. Pemerintah China langsung menerapkan status waspada tingkat kuning, atau tingkat bahaya kedua. Badan cuaca memperkirakan, topan akan melalui wilayah Dandong di provinsi Liaoning dan mampir di wilayah barat daya Korea Utara.

Hari Minggu kemarin, Bolaven melalui pulau Okinawa dan Kagoshima di Jepang, menyebabkan 75.000 rumah mati listrik. Sedikitnya empat orang terluka di pulau tersebut.


© VIVA.co.id

Tidur Sambil Jalan, Bangun di Tengah Sungai

Ditemukan di tepi sungai, jaraknya 0,4 kilometer dari rumahnya.

Selasa, 28 Agustus 2012, 13:12 Elin Yunita Kristanti
Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur (U-Report)
VIVAnews -- Saat membuka matanya, Alyson Bair kaget bukan kepalang. Suasana masih gelap, ia berada di luar rumah, tepatnya terapung di tengah sungai yang dalam. Sekujur tubuhnya dingin menggigil, terserang hipotermia.


Ibu dua anak itu menyebut pengalamannya sebagai hal yang mengerikan. Bair sama sekali tak sadar tengah malam itu ia berjalan dalam tidurnya. Pada Senin 20 Agustus sekitar pukul 02.00, suaminya Cody terbangun dan menemukan istri yang sebelumnya berbaring di sampingnya menghilang. Ia makin panik saat menjumpai kaca geser di rumahnya yang terletak di Burley, Idaho, terbuka.

Panik, ia mencari keberadaan istrinya di sekitar rumah. Tak ketemu, Cody meminta bantuan polisi setempat dan para tetangga, yang langsung mengerahkan jet ski menyisir Snake Rover, sungai yang berada dekat dengan rumah mereka di kawasan Cassia.

Lima jam kemudian, Nyonya Bair yang kepayahan ditemukan di tepi sungai, jaraknya seperempat mil atau 0,4 kilometer dari rumahnya. Piyamanya basah kuyup, ia menderita hipotermia, luka gores dan memar di kakinya yang telanjang. Ia lalu dibawa ke pusat kesehatan, Cassia Regional Medical Center dengan ambulans, dan dipulangkan dalam waktu tak lama.

Mengingat kejadian itu, Alyson Bair mengaku trauma. "Kukira saat itu aku sedang bermimpi, tapi kemudian aku sadar itu bukan mimpi. Aku sangat ketakutan," kata dia kepada ABCNews, seperti dimuat kembali oleh Daily Mail 27 Agustus 2012.

Sungai itu, dia mengisahkan, sangat dalam. "Aku tidak bisa berpegangan ke manapun dan merasa sangat lelah. Tapi aku harus terus bergerak dan terus mengapung dengan punggungku."

Bagi perempuan 31 tahun, berjalan dalam tidur adalah pengalaman mengerikan, sebab, apapun bisa terjadi di luar kesadarannya. Ia sama sekali tak bisa menebak akhirnya.

Kelainan yang ia derita kali pertama diketahui putranya yang kini berusia 8 tahun. Kala itu ia menyadari ibunya menghilang dan berjalan sambil tidur. Sejak saat itu, obat-obatan dan senjata di rumahnya ditutup rapat-rapat. Suaminya memasang alarm di setiap pintu yang mengarah ke luar, dengan kode yang tak diketahui Alyson.

Dipicu stres

Alyson didiagnosa menderita sindrom Sjogren, sebuah kelainan otoimun di mana sel imun menyerang dan menghancurkan kelenjar eksokrin yang memproduksi air mata dan liur. Sindrom itu, kata dia, membuatnya nyeri, mudah lelah, dan masalah ringan pada ginjalnya. Meski ia diberi dua pil untuk mengobati penyakitnya, obat tidur tidak termasuk yang diresepkan.

Setelah divonis sindrom itu, Alyson mengaku drepresi. Dokternya sebelumnya telah mengingatkan, stres berlebihan bisa memperburuk gangguan berjalan dalam tidurnya. Apalagi, saat masih anak-anak ia menderita perasaan terteror malam hari. "Aku tidak menderita luka serius, selain hipotermia. Syukurlah... Tapi aku khawatir apa yang mingkin akan terjadi."

Bukan kali pertamanya Alyson tidur sambil berenang, aparat setidaknya mencatat tiga insiden dalam kurun waktu enam minggu. Polisi sudah memperingatkan suaminya untuk cepat-cepat mencari jika ia hilang lagi. Suhu air yang makin dingin bias membahayakan jiwanya. (sj)


© VIVA.co.id

Napi Dilarang Solat Berjamaah di Penjara AS

Seorang tahanan menggugat keputusan penjara tersebut ke pengadilan.

Selasa, 28 Agustus 2012, 12:17 Denny Armandhanu
Penjara Terre Haute di Indiana, Amerika Serikat
Penjara Terre Haute di Indiana, Amerika Serikat (cryptome.org)
VIVAnews - Seorang narapidana menggugat sebuah penjara di Indiana, Amerika Serikat, karena melarang mereka solat berjamaah. Larangan ini dinilai melanggar undang-undang dasar Amerika Serikat yang menjunjung tinggi kebebasan individu.


Gugatan diajukan oleh John Walker Lindh, seorang mualaf yang divonis 20 tahun penjara karena membantu Taliban di Afganistan. Dalam kesaksian selama lebih dari dua jam di pengadilan Senin kemarin, Lindh mengatakan bahwa sipir di penjara Terre Haute melarang solat berjamaah dan memaksa mereka solat sendiri di dalam sel.

"Dia menyampaikan kebutuhan pribadinya untuk solat berjamaah dan bagaimana praktik ini sebelumnya bebas dilakukan di penjara tersebut. Memaksa solat seorang diri di sel bukanlah alternatif yang memuaskannya," kata pengacara Lindh, Kenneth Falk, dilansir CNN.

Dengan tangan terikat, Lindh berargumen, larangan para sipir tersebut melanggar Undang-undang Dasar AS terkait Kebebasan Beragama. Dalam pengadilan, Lindh juga menjelaskan tentang kewajiban umat Muslim, yaitu solat lima waktu sehari.

Pada laporan pengadilan, sipir di penjara tersebut beralasan larangan itu dilakukan demi keamanan. Lindh mengatakan bahwa alasan ini tidak masuk akal.

Solat berjamaah di Terre Haute, ujarnya, diawasi dengan ketat oleh sipir. Selain itu, selama solat sama sekali tidak boleh ada percakapan , jadi tidak mungkin para napi merencanakan sesuatu saat beribadah. Lagipula sebelum tahun 2007, solat berjamaah diperbolehkan di penjara ini, walaupun hanya tiga kali sehari.

"Jika ada yang salah, kau menentangnya. Jika itu benar, kau memujinya. Muslim tidak bisa netral, inilah jalan yang saya ambil," kata Lindh kepada Reuters.

Belum ada vonis soal gugatan Lindh tersebut karena pengadilan masih akan meninjaunya kembali. Pemerintah meminta sehari lagi untuk membahas gugatan tersebut.

Mayoritas tahanan di penjara dengan 55 sel tersebut adalah umat Muslim. Kebanyakan di antaranya anggota militan Taliban dan al-Qaeda. Penjara dengan keamanan super ketat itu membatasi komunikasi tahanan dengan dunia luar dan mengawasi percakapan antar napi.

Lindh pindah ke agama Islam saat remaja. Dia pergi ke Afganistan pada 2001 untuk mengikuti pelatihan militer dan bertemu dengan Osama bin Laden. Dia tertangkap oleh Aliansi Afgan Utara pada 25 November 2001 dan divonis 20 tahun.


© VIVA.co.id

Jurang Pembangunan di ASEAN Masih Besar

Myanmar, misalnya, masih sulit samai ekonomi Singapura dan Indonesia

Selasa, 28 Agustus 2012, 11:56 Renne R.A Kawilarang
Ilustrasi Kemiskinan, Penghuni Pinggiran Rel Kereta Api
Ilustrasi Kemiskinan, Penghuni Pinggiran Rel Kereta Api (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAnews - Negara-negara di Asia Tenggara masih berjuang keras mempersempit jurang pembangunan antara yang kaya dan miskin. Kesenjangan itu justru bisa menghalangi Perhimpunan Negara Asia Tenggara (ASEAN) dalam mewujudkan integrasi ekonomi, yang ditargetkan mulai berlaku pada 2015.

Penilaian itu disampaikan oleh Perdana Menteri Hun Sen dari Kamboja, negara yang tengah mendapat giliran memimpin ASEAN untuk tahun ini. "Kesenjangan pembangunan di kalangan negara ASEAN masih besar," kata Hun Sen saat membuka Pertemuan Tingkat Ekonomi ASEAN di kota wisata Siem Reap, Selasa 28 Agustus 2012.

Padahal, dia mengingatkan, Komunitas Ekonomi ASEAN akan berlaku kurang dari tiga tahun lagi. Namun, "ASEAN harus menghadapi berbagai tantangan dan menjembatani kesenjangan pembangunan, yang menghalangi realisasi Komunitas Ekonomi ASEAN seperti yang direncanakan," kata Hun Sen, yang berpidato dalam Bahasa Kamboja dan diterjemahkan ke Bahasa Inggris seperti dikutip laman harian The Star.

Dia menunjuk contoh betapa jomplangnya kesenjangan di kalangan sesama anggota ASEAN. Ekonomi di Myanmar, misalnya, masih tidak sebanding dengan anggota yang sudah maju seperti Singapura dan Indonesia, yang pertumbuhan ekonominya cukup dinamis.

"Ini membuat kami harus melipatgandakan upaya untuk mendorong pertumbuhan dan memperbaiki distribusi hasil pertumbuhan secara merata, baik di tingkat nasional maupun regional," lanjut Hun Sen.

Dana Sedikit

Dia menyadari bahwa ASEAN sebenarnya sejak tahun lalu sudah mempunyai dana infrastruktur bersama dengan anggaran awal hampir US$500 juta. Dana regional itu berguna untuk menawarkan pinjaman ke anggota ASEAN guna membangun jalan, rel kereta, dan proyek lain tanpa harus bergantung pada bantuan asing secara langsung. Namun, bagi Hun Sen, dana itu masih tergolong sangat sedikit.

Padahal, secara umum, pertumbuhan ekonomi di Asia Tenggara masih lebih baik dari kawasan-kawasan lain. Saat resesi masih mengguncang dunia, perekonomian di Asia Tenggara tahun lalu masih bisa tumbuh 4,7 persen. Walaupun tidak sebesar data 2010 yang mencapai 7,6 persen.

Bagi Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN, Lim Hong Hin, pertumbuhan ekonomi di ASEAN sebenarnya telah menaikkan standar hidup bagi banyak orang.

"Namun, masih banyak yang tengah menunggu giliran untuk menikmati hasil dari pembangunan ekonomi. Kita jangan sampai gagal mewujudkannya," kata Lim dalam pernyataan tertulis dari Sekretariat ASEAN.

Memperkecil kesenjangan pembangunan memang menjadi salah satu agenda utama pertemuan di Siam Reap itu. (art)


© VIVA.co.id

Pria Suriah Ancam Ledakkan Markas Liga Arab

Dia mendesak Liga Arab menghentikan kekerasan di Suriah.

Selasa, 28 Agustus 2012, 10:30 Denny Armandhanu
Markas Liga Arab di Kairo, Mesir
Markas Liga Arab di Kairo, Mesir (Reuters)
VIVAnews - Aparat di Mesir menahan seorang pria Suriah karena mengancam ingin meledakkan markas Liga Arab di Kairo. Dia marah, lantaran mendengar orangtuanya terbunuh pada pertempuran antara pejuang dan tentara pemerintah di Suriah.


Menurut kantor berita Reuters, yang bersumber dari media Mesir MENA, pria yang tidak disebutkan namanya ini ditangkap pada Senin malam, 27 Agustus 2012. Aparat keamanan awalnya mendapatkan laporan dari markas Liga Arab bahwa ada pria yang mengancam meledakkan tempat mereka.

Pria ini kemudian ditangkap di dalam mobilnya di dekat gedung Liga Arab. Dia mengatakan bahwa mobilnya telah ditanam bom dan akan meledakkannya jika Liga Arab tidak segera mengambil keputusan untuk menghentikan kekerasan oleh rezim Bashar al-Assad.

Dalam pemeriksaan, tidak ditemukan bahan peledak apapun di dalam mobilnya. Pria ini lantas dipenjara untuk segera diadili.

Konflik Berlanjut

Kekerasan di Suriah masih terus terjadi. Senin kemarin, sebanyak 62 orang tewas di Damaskus. Upaya revolusi yang telah berlangsung selama 18 bulan ini dilaporkan telah membunuh lebih dari 18.000 orang, termasuk di antaranya wanita dan anak-anak.

Liga Arab berkali-kali menyampaikan kecamannya atas kekerasan yang dilakukan oleh tentara Assad terhadap para pemberontak dan warga sipil. Organisasi pan-Arab ini juga telah mendesak Dewan Keamanan PBB untuk bertindak tegas. Namun, upaya PBB selalu terganjal veto Rusia dan China, dua sekutu Suriah. (ren)


© VIVA.co.id

Tentara AS Pembakar Alquran Dihukum

Tindakan mereka memicu kerusuhan yang menewaskan 30 orang.

Selasa, 28 Agustus 2012, 09:47 Denny Armandhanu
Kerusuhan di Afganistan pasca pembakaran Quran
Kerusuhan di Afganistan pasca pembakaran Quran (REUTERS/Mohammad Ismail)
VIVAnews - Angkatan bersenjata Amerika Serikat pada Senin mengumumkan telah menjatuhkan hukuman terhadap para tentara yang membakar Alquran dan menghina mayat Taliban di Afghanistan.

Diberitakan Reuters, Senin 27 Agustus 2012, sebanyak enam orang tentara dihukum atas pembakaran Quran di pangkalan udara Bagram Februari lalu. Mereka mendapatkan hukuman administratif berupa penurunan pangkat dan penundaan gaji.

Dalam investigasi militer AS, lebih dari 100 Alquran dan buku pelajaran agama dari perpustakaan penjara Parwan dibakar pada 20 Februari lalu. Penyidik juga menemukan bahwa para tentara AS mengindahkan peringatan dari para staf dan tentara Afghanistan untuk tidak membakar buku-buku tersebut.

Namun, petugas penyidik Brigadir Jenderal Bryan Watson menegaskan bahwa tindakan tersebut tidak disengaja. Dia malah menyalahkan penerjemah yang mengatakan bahwa 75 persen buku di perpustakaan tersebut berisikan materi-materi eksremisme. Penerjemah ini, ujarnya, juga tidak memberitahukan ada kitab suci di antara buku-buku yang akan dimusnahkan.

Peristiwa ini memicu demonstrasi yang diwarnai kerusuhan di beberapa tempat di Afganistan. Sebanyak 30 orang dilaporkan tewas setelah terlibat bentok dengan tentara. Insiden ini juga merusak hubungan AS-Afghanistan yang mulai membaik. Selain itu, misi militer AS untuk mendapatkan kepercayaan rakyat Afganistan juga hancur.

Sementara itu, untuk kasus penghinaan terhadap mayat Taliban, sebanyak tiga tentara angkatan laut AS dihukum. Ketiganya terbukti bersalah menghina mayat Taliban dengan mengencingi mereka usai penyerbuan ke provinsi Helmand Juli tahun lalu. Tindakan biadab ini direkam kamera dan diunggah di laman Youtube.

Ketiganya juga mendapatkan hukuman administratif berupa penurunan pangkat, penundaan gaji dan catatan buruk dalam karir mereka. Belum ada komentar dari pemerintah Afganistan menyusul hukuman terhadap para tentara.

Sebelumnya, pemerintahan Hamid Karzai mengutuk rekaman video di Helman sebagai tindakan yang tidak manusiawi. Untuk pembakaran Quran, Karzai menuntut pelakunya diseret ke pengadilan militer. (adi)


© VIVA.co.id

Dikasih Hati Minta Jantung





nah

KELAKUAN Kuwat, 30, sungguh bagaikan pepatah “dikasih hati minta jantung”. Bagaimana tidak? Sudah utangnya dijadwal ulang, eh masih juga minta “goyang”. Diah, 23, yang terlena melayani saja. Padahal setelah kegadisan tanggal, mahasiswi gebleg ini menyesal tujuh turunan!

Banyak orang mengatakan, perempuan itu makhluk yang lemah. Tak hanya lemah secara phisik, tapi juga jiwanya. Dalam soal asmara misalnya, jika sudah terkena titik-titik lemahnya, biar tadinya ogah akhirnya pun juga mendesah …. ah ah. Bahkan ada yang bilang, tadinya mengancam mau panggil Hansip, akhirnya malah meracau: sip, sip, siiiip!

Salah satunya wanita lemah itu adalah Diah, putri seorang pengusaha di Nagori Dolok Malela, Kecamatan Gunung Malela, Simalungun (Sumut). Ketika seorang karyawan ayahnya, Kuwat, dipecat oleh sang ayah, dia menjadi iba luar biasa. Dipinjami sejumlah uang. Eh, Kuwat bukannya bayar tepat waktu, malah marayu-rayu mengajak bersetubuh bak suami istri. Nah, dalam kondisi terpegang titik lemahnya, Diah pasrah dan mlumah, padahal……………

Kuwat adalah karyawan perusahaan milik ayah Diah. Entah kesalahan apa, dia lalu dipecat dari pekerjaannya. Otomatis ekonomi sehari-hari jadi kacau balau. Dalam kondisi seperti itu Kuwat lalu minta tolong pada Diah agar dipinjami uang untuk nyambung umur sampai dapat pekerjaan yang baru. “Nanti akan saya kembalikan secara mencicil, Neng….” begitu kata Kuwat.

Meski bukan Menteri Sosial, Diah ini memang gadis yang berjiwa sosial. Dia sangat iba dengan penderitaan Kuwat yang biasanya juga suka antar jemput dirinya pakai mobil. Akhirnya dipinjamilah bekas karyawan sang ayah itu pinjaman sebesar Rp 3 juta. Karena pekerjaan Kuwat sekarang hanya serabutan, dia hanya mampu mencicil sampai Rp 2 juta saja. Selebihnya dijawab dengan: entar dan besuk.

Diah sudah berusaha menagih sisa piutangnya itu, tapi Kuwat minta tempo. Bahkan dia mengajak gadis anak majikan itu bertemu di suatu tempat, untuk menjelaskan masalah yang sedang melilit keluarganya. Tanpa curiga sedikitpun Diah segera menemui Kuwat di di lokasi Permandian Bah Silulu, Serapuh Kecamatan Gunung Malela. Di sini keduanya ngobrol berdua, dan untuk kesekian kalinya Diah iba sehingga rela menjadwal ulang kembali utang Kuwat padanya.

Sambil ngobrol tangan Kuwat merangkul Diah bak kakak pada adiknya. Tapi lama-lama tangan lelaki itu mulai nggrathil, menyenggol payudara si gadis segala. Sentuhan itu rupanya membuah Diah terangsang, sehingga meskipun tangan Kuwat selanjutnya menjalar ke mana-mana, dia tak mampu menolak, bahkan mendesah. Akhirnya, dalam kondisi pasrah Diah benar-benar disetubuhi Kuwat bak istri sendiri.

Setelah ada bercah merah di karpet, Diah baru sadar dan memaki-maki Kuwat. Dia menuntut agar kegadisannya dikembalikan seperti semula, lewat sebuah operasi. Keduanya pun bikin perjanjian di atas meterai, di mana biaya operasi sebesar Rp 13 juta akan dibayar Kuwat paling lambat 13 Agustus, karena dana itu akan segera digunakan untuk operasi kegadisan.

Namun ternyata, sampai jatuh tempo Kuwat tak menepati janji, bahkan ngilang-ngilang melulu. Akhirnya Diah melaporkan kasus ini ke Polres Simalungun. Dia minta Kuwat segera ditangkap dan dipenjarakan. Kepada polisi dia juga minta agar kasus ini jangan sampai tercium wartawan, karena jika sampai masuk koran, ayahnya pasti bakal marah besar.

Wah, sudah kadung masuk Nah ini dia, Mbak!

(PS/Gunarso TS)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms