Senin, 24 Januari 2011

Perbandingan Search Engine Yahoo dan Google


Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

Google adalah sebuah mesin pencari yang terkenal di dunia. Siapa yang tidak tahu google? Google berdiri tahun 1998 (resminya). Google bermarkas di Amerika Serikat. Google tidak hanya mesin pencari, tapi punya produk lain seperti email (gmail), messenger (Gtalk), buku (google ebook), iklan (adsense dan adword), photo (picasa), situs pertemanan (orkut), peta (maps), dll. Pendapatan google sekitar 90% dari iklan. Yang 10% dari penjualan google earth, google apps, gmail (premium), dll.

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.
Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.
Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Yahoo adalah perusahaan portal web yang terkenal. Dulu yahoo hanya perusahaan bookmark tapi sekarang sudah jadi lebih banyak. Yahoo juga memiliki search engine seperti google. Produk yahoo yang lain adalah mail (yahoo mail), foto (flickr), search, messenger (Y!M), games, 360′, answers, finance, dll.

Dilihat dari kekurangan dan kelebihan masing-masing:


KELEBIHAN (+)
1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

KEKURANGAN (-)
1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.

KELEBIHAN (+)
1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

KEKURANGAN (-)
1. loadingnya membutuhkan waktu yang lama

Sekarang perbandingan yang lainnya dari keduanya adalah :
1. Search engine : lebih baik google. Karena lebih cepat dan meta katanya lebih lengkap. Sehingga kalau kita salah ketik masih bisa ketemu.
2. Mail : lebih bagus yahoo. Karena kotak masuknya unlimited alias tidak terbatas sehingga berapapun email yang masuk tidak akan terhapus.
3. Messenger : lebih baik yahoo. Kalau di indonesia mungkin jika 100 orang menggunakan messenger maka 85 orang menggunakan yahoo.
4. Popularitas : lebih bagus google. Fiturnya lengkap dan paling populer adalah google search.
5. Kualitas : lebih bagus google. Karena halamannya simple dan bandwithnya kecil. Mungkin google search perlu waktu 1 detik mencari kalau yahoo 1,5 detik.
6. Fitur : lebih banyak yahoo! Di yahoo yang disenangi adalah yahoo answers yang tidak dimiliki google. Ada juga yahoo avatar dan masih banyak lagi.

Umum : secara umum lebih bagus google, karena lebih cepat dan tidak terlalu banyak iklan. Kalau yahoo banyak iklan yang ada gambarnya. Di yahoo mail juga ada berita yang tidak perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar