Minggu, 19 Juni 2016

Web Sociology

Web Sociology
5.4 Web sociology
   Web adalah sebuah cerminan pergaulan manusia, dan mencerminkan ketertarikan, obsesi dan keharusan semenjak abad ke-21 keberadaan manusia meluas (mungkin jangkauan terluas setiap ruang informasi manusia) dari set nilai, budaya dan asumsi. Analisis istilah pencarian yang diketik pada Google menjadi sumber daya utama bagi sejarawan masa depan. Pada bagian ini kita akan melihat hubungan antara Web dan penggunanya, pembaca dan penulis.
   Beberapa orang ingin menggunakan Web untuk berbagi informasi, beberapa untuk mengisi waktu luang dan hiburan, beberapa ingin mengeksploitasi informasi yang disediakan di Web untuk menampilkan ilmu dengan cara baru yang radikal, sementara yang lain ingin area untuk berdagang, ada juga yang ingin membuat.
5.4.1 Communities of interest
   Web telah melahirkan sejumlah komunitas yang menarik dan baru dengan sifat yang membangkitkan minat. Misalnya, Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG), di mana penerbit menyediakan ruang online terus-menerus pada saat permainan berlangsung, telah melahirkan ekonomi raksasa dan kode etik saleh sebagai komunitas yang sangat besar dari pemain (kadang-kadang dari mencapai jutaan) menghabiskan waktu dalam jumlah besar untuk online. Potensi untuk perilaku dalam komunitas seperti tentu saja akan tergantung pada apa yang memungkinkan secara arsitektur dan ukuran komunitas tersebut bisa menjadi sangat besar.
   survei terbaru telah menemukan peningkatan besar dalam jumlah orang yang menjual sesuatu secara online , menggunakan mesin pencari , menggunakan Webcam  dan mendengarkan podcast Web serta banyak teknologi baru lainnya yang mempunyai konsep & metode baru tentang ruang untuk mengembangkan dan mendukung berinteraksi secara online , atau berinteraksi secara virtual, fisik, teoritis atau diukur seperti peta dan rencana.
5.4.2 Information & Social Structures
   Struktur sosial dari Web tergantung pada struktur rekayasa yang mendasari tingkat. Web adalah refleksi dari kehidupan intelektual dan sosial manusia, tetapi juga secara spesifik web itu dibuat atau direkayasa sebagai alat. Secara khusus, struktur Web adalah sebuah muka lain yang lebih tradisional struktur data.
   Untuk terstruktur, lingkungan terpusat di mana kontrol penting, ini adalah inovasi penting. Inovasi rekayasa dari Web adalah apa yang menciptakan nilai tambah untuk pengguna manusianya. Pengembangan URI memungkinkan cepat dan traversal tidak dibatasi ruang informasi ke segala arah; dari setiap titik dalam satu ruang web bisa mencapai titik lain dengan segera.
5.4.3 Significance and its metrics
   Signifikansi adalah sebuah konsep yang saling terkait dengan penggunaan sumber daya Web tertentu dalam suatu proses.  Signifikansi dapat didekomposisi menjadi dua jenis metrik: relevansi dan persamaan.
5.4.4 Trust and reputation
   Kepercayaan bukan fenomena statis atau dinamis; sering ada periode waktu di mana kepercayaan dalam sebuah situs dibangun. pengguna web pada berbagai tingkat pengalaman juga memiliki tingkat khas yang berbeda kepercayaan .
Kepercayaan merupakan factor penting dalam pengembangan web, dalam berbagai bidang. Web service dipercaya untuk melakukan apa yang mereka katakana, mereka akan melakukan tanpa kerusakan kepada orang lain. E commerce situs yang dipercaya untuk membuat penggunaan yang tepat dari rincian kartu kredit, untuk mengirim barang yang dipesan dan untuk menjaga data yang aman.
   Salah satu tingkat signifikansi yang berhubungan dengan berlakunya kepercayaan web adalah tingkat sistem secara keseluruhan, di mana seseorang mencoba untuk memverifikasi bahwa peraturan yang mengatur interaksi semua pengguna untuk jujur.
Strategi utama pada tingkat sistem ini adalah untuk menyediakan infrastruktur untuk menjamin keamanan, misalnya dengan menggunakan skema sertifikasi atau privasi untuk menghalangi perilaku tidak bermoral.
5.4.5 Trust (II): Mechanising proof
   Telah dikatan bahwa budaya sekarang kita berurusan dengan dua pengertian tentang bukti. Dalam satu tampilan, seperti yang dikatakan oleh Wittgenstein bahwa bukti adalah gambar yang berdiri di membutuhkan ratifikasi, yang akan saat kita bekerja melalui itu; itu meyakinkan kita. Ini menjelaskan dan menunjukkan kebenaran proposisi terbukti secara bersamaan.
   Saat ini, banyak aspek kehidupan sehari-hari (keuangan, kesehatan dan keselamatan, fungsi utilitas) berada di bawah naungan sistem otomatis. ketika Web mengambil  tugas pengolahan informasi rutin pengguna, kebutuhan atas kepercayaan manusia dalam sistem mekanik menjadi besar.
   Hubungan antara kepercayaan diri kolektif kita ,kepercayaan dalam perangkat keras dan perangkat lunak adalah satu sulit untuk menguraikan, namun pengembangan Web akan sangat bergantung pada itu.
5.4.6 Web morality and conventional aspects of Web use
   Pertanyaan mengenai moral dan etika adalah bagian penting dari agenda Ilmu Web. Mereka diperlukan untuk pemahaman kita tentang bagaimana Web bekerja, dan yang tak kalah penting, bagaimana Web dapat tumbuh.
Kesederhanaan hubungan antara URI dan sumber daya khususnya Web adalah kunci untuk meningkatkan ruang informasi. Upaya untuk menumbangkan hubungan ini bisa sangat melemahkan dari Web dan Semantic Web.
   Pertanyaan mengenai moral dan etika adalah bagian penting dari agenda Ilmu Web. Mereka diperlukan untuk pemahaman kita tentang bagaimana Web bekerja, dan yang tak kalah penting, bagaimana Web dapat tumbuh.

Kesederhanaan hubungan antara URI dan sumber daya khususnya Web adalah kunci untuk meningkatkan ruang informasi. Upaya untuk menumbangkan hubungan ini bisa sangat melemahkan dari Web dan Semantic Web.

Kesimpulan yaitu web sebagai cerminan perilaku manusia didunia internet ini karena web bisa dipergunakan untuk bergabung dengan komunitas menambah informasi dan pengetahuan sosial, berkomunikasi, banyak aspek kehidupan yang bisa didapatkan dari web. Di web pula orang tersebut bisa terlihat moral dan etika nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar