Selasa, 09 Mei 2017

Terus Berpikir Radikal, Ini yang Terjadi pada Otak

Ada perubahan permanen pada mikrosirkuit otak.
Terus Berpikir Radikal, Ini yang Terjadi pada Otak
Ilustrasi otak (www.pixabay.com/Geralt)



VIVA.co.id – Peneliti Universitas Northwestern, Amerika Serikat, Jordan Grafman mengungkapkan studinya tentang otak orang ekstremis.

Menurut studinya yang diterbitkan pada Jurnal Neuropsychologia edisi Mei 2017, menunjukkan ekstremisme berbasis agama bisa terjadi karena ada kerusakan pada bagian ventromedial prefrontal cortex.

Dia juga mencatat ada faktor lain, baik secara fisiologis maupun psikologis, yang memengaruhi kepercayaan terhadap lingkungan sosial. Diketahui, ventromedial prefrontal cortex berada pada bagian depan otak dan telah diketahui terkait dengan sistem kepercayaan seseorang.

Grafman mengungkapkan, semakin banyak kerusakan pada bagian itu, semakin ekstrem pula kepercayaan seseorang.

Menanggapi hasil temuan itu, spesialis senior Divisi Neurobiologi Universitas California, Irvine, Amerika Serikat, Taruna Ikrar, mengakui, relasi yang dipaparkan Grafman tersebut.

Taruna menuturkan, selain faktor psikologis, tingkat ekstrem dan moderat seseorang ditentukan oleh struktur mikrosirkuit otak. Dia menjelaskan, mikrosirkuit otak minimal dipengaruhi oleh tiga mekanisme utama yakni neuroplastisi, neurokompensasi, dan neurogenesis atau sistem saraf.

"Tiga mekanisme utama itu berada pada sistem sinaptik sel-sel saraf," kata dia.
Peneliti Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar itu mengatakan, ada reaksi pada otak orang yang terus berpikir radikal, yakni pada bagian mikrosirkuit otak.

"Akan terbentuk struktur mikrosirkuit otak yang permanen, sehingga menjadi individu berkarakter radikal," tuturnya. (art)

Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/913517-terus-berpikir-radikal-ini-yang-terjadi-pada-otak

1 komentar:

  1. jadi itu yang otak lakukan kalau berpikil radikal ya?

    nice infonya!

    Cemilan enak bikin kenyang

    https://shopee.co.id/Cemilan+Enak+Bikin+Kenyang+9-12+Jul-col.21147?smtt=1.3089

    BalasHapus